Trauma Healing Dilakukan pada Warga Terdampak Erupsi Semeru


 

Trauma healing adalah proses penyembuhan pasca trauma yang dilakukan agar seseorang dapat terus melanjutkan hidupnya tanpa bayang-bayang kejadian seperti halnya pasca terjadinya erupsi Semeru. 

Berkenaan dengan hal itu, ormas islam keagamaan, NU peduli mengadakan aktivitas tersebut untuk mengurangi rasa takut atau trauma terutama pada anak-anak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, (11/12) sore. 

Trauma healing dengan metode Stress inoculation training (SIT) adalah kegiatan asasemen yg dilakukan pada warga terdampak bencana dengan merefleksikan otak agar tidak merasa trauma atau ketakutan atas bencana yg menimpanya.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu perasaan warga terdampak terhadap bencana yang menimpanya dan membantu warga terdampak berlapang dada sehingga bisa menjalankan rutinitas seperti biasanya.

Canda Ayu Pitara S.Pd, Wakil sekretaris LPBI NU mengatakan, bahwa kegiatan trauma healing bertujuan untuk anak-anak yang terdampak bencana. 

"Harapan kami agar ia tidak merasakan ketakutan dengan bencana itu supaya tetap bersiaga dan berpikir jernih. Tak luput pula kita juga bagikan bantuan berupa popok bayi, snack, serta selimut  untuk anak-anak yang terdampak."  Ujarnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belok Kiri Jalan Terus

'Jajane Si Mak' (Jajan Pasar)