Tips Mencari ide Gila dalam Menulis


Tips/mencari/ide/gila/dalam/menulis/karya


Setiap penulis pasti mempunyai cara sendiri untuk menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid 19 seperti ini!

Memang apa hubungannya antara Covid 19 dengan sebuah tulisan woi?

Ada dong! Biasanya dalam kondisi yang seperti ini kita nyaris seperti terpenjara dalam gua karena kita dihimbau untuk tetap berada di rumah. Ada banyak waktu luang untuk berhalusinasi dan tidak menutup kemungkinan bisa juga diekspresikan melalui tulisan sebagai ungkapan perasaan, kekesalan, realitas yang ada, maupun sedikit dibumbui unsur kritik dalam sebuah ketimpangan yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Biasanya, kita menulis kalau sedang ada ide  dan merasa terinspirasi atas kejadian yang kita lihat,dengar, maupun perasaan yang terkadang sedang meronta-ronta saja. Hehe...

Semisal ketika kita sedang diskusi di warung kopi dengan kolega tiba-tiba muncul sebuah ide, kita belajar di sekolah ada sesuatu yang terkadang hati kecil kamu bilang "Sepertinya harus ditulis kejadian ini nih!" Atau ketika kita sedang bermain tiba-tiba muncul sebuah ide untuk menulis.

Oleh sebab itu, bisa kita ambil sebuah  kesimpulan bersama atas setiap kejadian (kasuistik) bahwasannya ide untuk menulis bisa datang kapan saja dan dimana saja. Bila berkenan, izinkan saya memberi sebuah saran kepada teman-teman semua dan terkhusus bagi penggemar literasi untuk mencatat ide itu di kertas atau dalam notebook pada gawai kalian biar tidak hilang atau lupa dalam ingatan kita.

Dari situ kita tinggal mengembangkan kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan dari paragraf menjadi satu kesatuan tulisan yang utuh. Mungkin ini kebenarannya relatif dalam menulis, akan tetapi itulah cara yang selama ini saya pakai dalam menuliskan sebuah karya dan terbukti manjur. Hehe...

Terus kapan waktu yang tepat dalam menulis sebuah karya kak?
Untuk soal waktu yang tepat dalam menulis, jawabannya selama kita ada niat dan tekad yang kuat untuk menuangkan pemikiran dalam sebuah tulisan alias sewaktu-waktu tergantung mood kita juga. Namun, biasanya aku sering kali menulis pada pukul 24.00 WIB sampai selesai karena suasana yang begitu tenang sehingga membuat kita lebih terfokus dalam mengolah pikiran.

Masih biasa?
Oke! Aku akan memberikan sesuatu yang mungkin tidak biasa bagi teman-teman semua. Aku akan memberi jurus andalan untuk mencari ide gila dalam menulis.
Kali ini agak sedikit ekstrim namun terbukti mujarab dan berkhasiat sekali!

"Apa itu?"
"Toilet! Toilet! Toilet!"
"Kamu gila apa?"
"Ya.....Benar!"
Jawabannya adalah toilet!
Bukannya jorok atau bagaimana! Terserah anda mau bilang apa terkait perihal ini.

Kamar mandi adalah ruang inspirasi yang begitu bebas. Di sana kita akan merasa rileks dalam berpikir dan nyaman dalam mengembangkan halusinasi untuk menyusun sebuah kata! Hehe...Dasar halu!

Hust...Tapi Ini rahasia kita ya! Jangan sampai ada orang lain tahu loh! Ini adalah pengakuan dalam kejujuran.

Bagaimana? Sudah terpuaskan dengan tulisan ini bukan? Hihi....

Oh iya, mohon maaf sebelumnya apabila dalam tulisan ini mengandung kosa kata yang agak jorok dan hina ya! Tulisan ini saya tulis bukan karena niat mengotori tulisan saya sendiri! Hanya saja saya cuma menyebutkan kata toilet yang biasanya teman-teman pembaca langsung terbuai dalam lamunan pembuangan  Wkwkwk......



                             S e l e s a i

https://www.instagram.com/p/CBJKKYcFiEi/?igshid=ts6zuoh5mios https://www.facebook.com/100001826422078/posts/4033613220042852/?substory_index=0

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belok Kiri Jalan Terus

'Jajane Si Mak' (Jajan Pasar)