Siti Gundah Gulana


 

Alhamdulillah senantiasa kita senandungkan kepada Tuhan Yang Maha Tunggal ketika melihat panorama alam negeri ini yang begitu menawan. Bak surga dalam sebuah dongeng, potensi alam Indonesia begitu melimpah ruah serta tak tertandingi dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari gunung-gunung berapi yang seakan berbaris pada setiap pulau, hutan bagi tempat satwa liar dan beraneka tumbuh-tumbuhan yang hidup lestari, sungai, rawa , pantai, dan lain sejenisnya di mana hewan-hewan bisa beranak pinak. 


Suatu kebahagiaan tersendiri ketika kita bisa melihat ciptaan Tuhan yang begitu indah dengan keanekaragaman hayati serta keanekaragaman hewani. Maka tak hayal jika sejarah pernah mencatat bahwa negara asing betah dan ingin berlama-lama di tanah air kita ini karena gemah ripah loh jinawi. 


Mulai dari Tiga setengah abad, tiga setengah tahun, dan belum lagi dengan pelayaran bangsa-bangsa asing yang ingin mendapatkan rempah-rempah sebagai bahan komoditas untuk memasok kebutuhan negaranya waktu itu. Tampaknya penderitaan bangsa pada waktu itu tak akan terjadi lagi pada hari ini dan seterusnya. Kenyataannya?

Entahlah! semoga saja apa yang kita lihat,  itu semua tidak benar.


Ketika masih banyak saudara-saudari kita yang harus rela tanahnya digusur atas nama pembangunan, kebakaran hutan yang meluas akibat pembukaan lahan di sana sini hingga banyak satwa yang populasinya mulai berkurang bahkan eksploitasi lahan secara besar-besaran untuk sekadar proyek penambangan.


Maka di hari pohon sedunia ini, marilah kita bermuhasabah dan senantiasa mengupayakan untuk dapat mengaplikasikan rahmatan lil alamin, berbuat baik kepada sesama mahkluk, menjaga keseimbangan alam, buang sampah pada tempatnya, serta tetap berlomba-lomba dalam hal kebaikan (fastabiqul khairat). Semoga Tuhan senantiasa menjaga alam yang indah ini dan hati manusia agar tidak merusak demi keuntungan diri sendiri maupun kelompok. 


Salam lestari... 

Tanam kebaikan, lalu lupakan! 

Biarkan Tuhan yang memberi hak atas apa yang Dia kehendaki. 


- Siti = tanah

- Gundah gulana = sangat sedih, 

-Gemah ripa loh jinawi = kekayaan yang berlimpah; tenteram dan makmur serta sangat subur tanahnya. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belok Kiri Jalan Terus