Bingung



Bingung

Man ana?
Siapa saya?
Sopo aku?
Aku sopo?

Apakah saya manusia?
Benarkah saya manusia?
Jikalau benar manusia mengapa harus ada sifat kehewanan?
jika saya manusia,
mengapa saya suka membenci manusia

Jika saya manusia,
Mengapa saya tega memakan bangkai saudara saya sendiri!
Jika saya manusia,
mengapa saya sering mengkafir-kafirkan orang!

Jika saya manusia,
mengapa harus membinatangkan manusia!
jika saya manusia,
mengapa harus rakus mengalahkan binatang

Jika saya manusia
Mengapa harus membohongi diri
Jika manusia bersalah
mengapa jin dan setan yang dipersalahkan!

Jika jin bersalah,
manusia tak pernah dipersoalkan!
Apa saya yang tak tahu ya?
Karena saya bingung tentang manusia yang tak lagi memanusiakan manusia

Membenarkan-benarkan sesuatu yang salah
menyalah-nyalahkan sesuatu yang benar
Menutupi diri dari kebenaran
memilih tabir kepalsuan

manusia macam apa?
manusia seperti apa?
Manusia untuk apa?
Manusia yang bagaimana?

Manusia yang dipaksa untuk memanusiakan tekhnologi!
Manusia yang dipaksa untuk menyembah manusia secara perlahan-lahan
Manusia yang membiasakan
membiaskan sifat kemanusiaannya

Tuhan, aku bersimpuh pada-Mu
Manusiakanlah aku sebagai manusia
Aku memohon!
Jagalah hati dan pikiranku ini dari sifat mazmumah
sampai tak ada lagi rumah terbaik selain kubangan tanah


Di rumah saja, 29 Mei 2020




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belok Kiri Jalan Terus